$type=slider$snippet=hide$cate=0$show=home

Menengok Keindahan Pulau Badul Ujung Kulon Banten

P ulau Badul , Provinsi Banten menyimpan sejuta surga tersembunyi yang wajib dikunjungi. Salah satunya adalah wisata Pulau Badul Ujung Kul...

pulau Badul Ujung Kulon

Pulau Badul, Provinsi Banten menyimpan sejuta surga tersembunyi yang wajib dikunjungi. Salah satunya adalah wisata Pulau Badul Ujung Kulon yang sangat mencuri perhatian wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Rugi rasanya berlibur ke Taman Nasional Ujung Kulon dan tidak mampir ke Pulau Badul. Keindahan yang disuguhkan selalu dirindukan para wisatawan yang pernah singgah menyambangi pulau ini.

kapal ujung kulon berlayar ke pulau badul

Wisata Pulau Badul Ujung Kulon

Ada yang tahu pulau ini? Pulau mini dikenal dengan nama Pulau Badul. Pulau kecil ini terletak di tengah laut dan masih termasuk ke Taman Nasional Ujung Kulon, Banten.

Pulau mini yang terletak di Pandeglang Banten sangat digandrungi wisatawan. Pulau Badul hanya berupa hamparan pasir putih lembut dengan kejernihan air yang seperti kristal. Masih termasuk ke dalam wilayah Taman Nasional Ujung Kulon, anda hanya akan menemukan sedikit tumbuhan yang tidak bisa digunakan untuk berlindung dari teriknya panas matahari.

Jangan khawatir, ketika sudah menceburkan diri di air laut, pasti sangat terkejut akan keindahan taman laut ini. Koral yang cantik dan berbagai macam ikan nampak jelas.

BACA JUGA: Spot Trekking dan Snorkeling Terbaik di Ujung Kulon

Terumbu karang yang masih terjaga nampak cantik dilihat dengan mata telanjang. Dengan keindahan bawah laut yang disuguhkan, para wisatawan biasanya melakukan snorkeling.

Untuk menuju pulau ini, anda harus memiliki tenaga yang kuat. Sebab, harus berenang menyeberangi lautan sejauh 25 meter. Warna toska air disini sangat menggoda. Ombaknya memang sedikit bergelombang dan agak seram. Asal berhati-hati anda akan aman.

pulau badul, pulau kosong tak berpenghuni

Bagaimana terkait transportasi menuju pulau tak berpenghuni ini? Apakah ada fasilitasnya?

Untuk bisa menyambangi Pulau Badul, anda bisa mengunjungi Pulau Badul dengan membawa rombongan. Tidak ada biaya atau tarif memasuki pulau Badul kecuali hanya biaya sewa perahu jelajah yang umumnya pemberangkatan dari dermaga Sumur atau jemputan perahu di lokasi hotel atau resort dekat pantai.

BACA JUGA: Mengenal Taman Nasional Ujung Kulon Banten Sebagai Pusat Konservasi Badak

Untuk menuju ke wisata Pulau Badul Ujung Kulon ini, memakan waktu selama 30 menit dengan menggunakan kapal dari dermaga Sumur. Selama perjalanan menuju Pulau Badul, mata akan dimanjakan dengan pemandangan yang mempesona.

Di atas kapal bisa melihat Gunung Honje yang berdiri gagah di kejauhan. Ikan terbang yang melompat dan masuk lagi ke dalam air akan menjadi gerbang anda menuju Pulau Badul. Pulau Badul mudah dikenali. 10 menit sebelum sampai dari kejauhan akan terlihat hamparan pasir putih dengan sedikit pepohonan di tengahnya.

Di Pulau Badul tidak tersedia fasilitas seperti warung, kamar mandi, dan lain-lain. Mengingat pulau ini tak berpenghuni, jadi tidak disediakan fasilitas serupa. Karena yang berkunjung ke Pulau Badul biasanya juga tidak banyak. Hanya sekedar mampir atau singgah sebentar menikmati kemolekan alam semesta.

Bagaimana untuk penginapannya? Banyak rumah warga di Desa Sumur yang disulap menjadi penginapan. Wisatawan yang ingin bermalam bisa menyewa penginapan tersebut.

Wisata Pulau Badul Ujung Kulon ini sangat cocok dijadikan destinasi wisata saat menghadapi libur panjang. Tak cukup sehari dua hari anda berada di sini. Sebab banyak tempat-tempat yang masih serangkaian dengan Taman Nasional Ujung Kulon lainnya yang harus anda kunjungi.

snorkeling di pulau badul ujung kulon

Snorkeling, Cara Jitu Nikmati Pulau Badul

Pulau Badul termasuk dalam kategori pulau terkecil. Pulau ini tidak berpenghuni dan sepi. Tak heran jika pulau ini serasa milik sendiri.

Terdapat sedikit sekali pepohonan di pulau ini. Uniknya, pinggiran pulau sangat luas. Wisatawan bisa berjalan mengitari Pulau Badul. Tak hanya itu, keindahan alam bawah lautnya sangat menakjubkan.

Berkunjung ke pulau ini tidak lengkap jika tidak menyempatkan untuk snorkeling. Apalagi tempatnya yang sepi membuat anda serasa memiliki laut pribadi dengan keindahan di dalamnya. Yang unik dari keindahan bawah lautnya adalah adanya patung badak yang menjadi habitat baru biota laut yang ada disana.

Menyusuri Pulau Badul Berburu Sunset

Pergi ke pulau sangat identik dengan sunrise dan sunset. Jika di Pulau Peucang bisa menikmati sunrise yang cantik di pagi hari, berbeda dengan wisata Pulau Badul Ujung kulon ini. Di sana anda bisa melakukan trekking hutan mini menuju ke Karang Copong.

BACA JUGA: Trekking di Pulau Peucang Menuju Karang Copong

Karang Copong terletak di sebelah barat Pulau Badul. Sampai di Karang Copong, pada saat senja akan melihat matahari terbenam di ufuk barat dengan sangat cantik. Matahari nampak jelas tanpa ada penghalang untuk melihatnya. Jangan lewatkan keindahan sunset di Pulau Badul ini. Sunset Pulau Badul akan penuhi galeri anda.

Spot Foto dan Video Nuansa Alam

Berlibur selalu mengutamakan berfoto. Tak salah lagi jika anda membawa kamera ke Pulau Badul ini. Hamparan pasir putih sangat pas digunakan sebagai spot foto instagramable.

Belum lagi jika anda melakukan snorkeling. Akan sia-sia jika tidak mengabadikan momen bawah lautnya. Keindahan alam bawah laut pulau ini juga merupakan salah satu alam bawah laut terindah yang ada di Indonesia.

Tak jarang wisatawan menggunakan pulau ini untuk keperluan lain. Misalnya foto prewedding, foto model, shooting, dan lain sebagainya.

watersport banana boat di pulau badul

Bersantai di Saung Sisi Pantai

Aktivitas lain yang bisa dilakukan di Pulau Badul adalah bersantai. Sambil menikmati silirnya angin dan sepinya Pulau Badul, akan terasa nikmat jika sambil bersantai di sisi pantai.

Untuk wisatawan asing, bisa berjemur di atas pasir pantai putih yang halus. Tak hanya itu, anda bisa menikmati hidangan makanan yang kalian bawa dengan catatan tetap menjaga kebersihan.

Bermain Volly Pantai

Karena sepinya pulau ini, sangat pas apabila wisatawan melakukan kegiatan volly pantai. Tapi sangat jarang wisatawan yang melakukan aktivitas ini. Kebanyakan dari mereka lebih memilih menikmati indahnya alam di Pulau Badul.

Tips Sebelum ke Pulau Badul

Sebelum anda melakukan perjalanan jauh dan berlibur ke tempat yang bernuansa alam, sangat penting memperhatikan kondisi cuaca. Pastikan sebelum pergi ke Pulau Badul anda memantau cuaca terlebih dahulu.

Mengapa demikian? Hal ini dilakukan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Seperti keadaan ombak, mendung atau tidaknya langit, dan sebagainya. Hal ini akan sangat mengganggu anda dalam berlibur.

Yang tadinya anda akan bisa melihat sunset, tetapi jadi terhalang karena cuaca yang tidak mendukung. Yang utama adalah menghindari kemungkinan terburuk yang akan terjadi pada anda dan rombongan.

Selain memastikan kondisi cuaca, anda juga harus memperhatikan bekal anda. Pastikan persediaan makanan, minuman, dan lainnya sudah lengkap dan cukup.

Jangan lupa membawa peralatan bersih diri seperti tissue basah, sabun, obat-obatan, antiseptic, dan lain sebagainya. Pastikan juga bahwa kondisi badan anda dalam keadaan sehat agar dapat menikmati liburan dengan leluasa. 

Demikianlah sedikit ulasan mengenai Pulau Badul yang bisa anda gunakan sebagai referensi sebelum berlibur. Pastikan semuanya siap agar liburan anda menyenangkan. Jangan takut bersaing dengan wisatawan mancanegara yang pasti akan anda temui di sana.

Selain wisata Pulau Badul Ujung Kulon, masih ada pulau-pulau lain yang wajib dikunjungi. Antara lain adalah pulau Peuncang, Pulau Panaitan, Pulau Handeleum, dan Pulau Oar. Serangkaian tempat wisata di Taman Nasional Ujung Kulon sangat menarik dikunjungi dan akan sia-sia jika melewatkan salah satunya. 

open trip ujung kulon 3 hari 2 malam
Aktivitas wisata gabungan atau sharing trip di Pulau Peucang Ujung Kulon, selama tiga hari dua malam akan berangkat setiap akhir pekan dari Jakarta, Serang dan Sumur. Cara mudah dan murah untuk datang wisata ke Ujung Kulon. Let's GO!

COMMENTS

open trip paket wisata pulau harapan
paket wisata pulau kelapa dan dolphin islnd
paket wisata pulau kelapa dan dolphin islnd
pesona underwater pulau-pulau di Jakarta
Nama

agenda,1,aktivitas,4,destinasi,9,explore seribu,6,fasilitas,4,festival,1,homestay,4,informasi,3,konservasi,1,penginapan,6,penginapan ujung kulon,3,penyu,1,pulau harapan,13,pulau kelapa,2,pulau pari,2,pulau pramuka,1,pulau resort,3,pulau seribu,22,pulau tidung,5,resort,2,snorkeling,1,trekking,1,ujung kulon,9,
ltr
item
Explore Pulau Seribu Jakarta: Menengok Keindahan Pulau Badul Ujung Kulon Banten
Menengok Keindahan Pulau Badul Ujung Kulon Banten
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiTlcZWoyum_JHGGTePZ6CIAoRiu9K7wFQmlQhOJxCyeYQ4Na2iClLEi71iZGvm7FhyphenhyphenTr8ZvAsFMg7lTIEcG_PeaBwBEihwH2leLjk4CWj9yGiggwforawrGY-SA-6Yj8KNufN-fu7n3Ao/s0/pulau-badul.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiTlcZWoyum_JHGGTePZ6CIAoRiu9K7wFQmlQhOJxCyeYQ4Na2iClLEi71iZGvm7FhyphenhyphenTr8ZvAsFMg7lTIEcG_PeaBwBEihwH2leLjk4CWj9yGiggwforawrGY-SA-6Yj8KNufN-fu7n3Ao/s72-c/pulau-badul.jpg
Explore Pulau Seribu Jakarta
https://www.exploreseribu.com/2020/09/pulau-badul-ujung-kulon.html
https://www.exploreseribu.com/
https://www.exploreseribu.com/
https://www.exploreseribu.com/2020/09/pulau-badul-ujung-kulon.html
true
3339222803412689796
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy