$type=slider$snippet=hide$cate=0$show=home

Wisata Pulau Tidung, Cinta Wisata Bahari

Wisata Pulau Tidung Kepulauan Seribu Selatan Jakarta, Icon Pulau Tidung yang populer adalah Jembatan Cinta

wisata pulau tidung kepulauan seribu selatan
Pulau Tidung adalah salah satu kelurahan di kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu, Jakarta, Indonesia. Pulau tidung ini terbagi dua yaitu, Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil. Penggunaan wilayah di pulau ini berkembang ke arah wisata bahari seperti menyelam serta penelitian terhadap terumbu karang.

Pulau Tidung yang terdiri dari Tidung Besar dan Tidung Kecil yang dihubungkan oleh jembatan panjang yang dinamakan Jembatan Cinta oleh penduduk setempat ini terletak di Kepulauan Seribu Selatan bagian barat, dengan jarak tempuh kurang lebih 3 jam perjalanan dari Muara Angke dengan kapal penumpang.

Sekilas Tentang Pulau Tidung

jembatan cinta pulau tidung
Pulau Tidung adalah salah satu pulau di Kepulauan Seribu yang dihuni oleh penduduk. Pulau Tidung memiliki luas sekitar 109 ha, dan dihuni oleh 5000 jiwa dengan tingkat kepadatan 50 jiwa/km2.

Ada dua Dermaga yang melayani keberangkatan ke Pulau Tidung, pertama dari Dermaga Pelelangan Ikan Muara Angke untuk wisatawan yang mau menggunakan kapal penumpang reguler dan yang kedua berangkat dari Dermaga Marina Ancol bagi wisatawan yang mau menggunakan speedboat.

Waktu tempuh dari Muara Angke menuju Pulau Tidung kurang lebih 2 – 2,5 jam, sedangkan waktu yang dibutuhkan untuk sampai di Pulau Tidung dari Marina Ancol sekitar 1 jam dengan menggunakan kapal cepat.
Pulau Tidung dijadikan tempat mengungsi oleh masyarakat untuk menghindar dari para tentara di zaman Pemerintahan Belanda, itu sebabnya Pulau ini dinamakan Pulau Tidung yang memiliki makna "Berlindung"
Pulau Tidung sendiri adalah salah satu dari tiga kelurahan yang terdapat diwilayah Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan. Dua kelurahan lain nya yang masuk dalam wilayah administrasi Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan adalah Pulau Pari dan Pulau Untung Jawa.

Kelurahan Pulau Tidung memiliki dua buah pulau yaitu Pulau Tidung besar dan Pulau Tidung Kecil yang disambungkan oleh Jembatan sepanjang kurang lebih 800 M dan dikenal dengan Jembatan Cinta. Jembatan ini pula yang menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi pengunjung ketika berada di Pulau Tidung.

Enam Pulau Lainnya di Wilayah Pulau Tidung

Ada 6 buah pulau yang berada di bawah penanganan Kelurahan Pulau Tidung Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan Kabupaten Kepulauan Seribu, yaitu :
  • Pulau Tidung Besar
  • Pulau Tidung Kecil
  • Pulau Karang Beras
  • Pulau Laki
  • Pulau Payung Besar
  • Pulau Payung Kecil
Pulau Tidung adalah salah satu pulau yang sangat populer yang terdapat di jajaran kepulauan Seribu, itu sebabnya pulau Tidung tidak pernah sepi dari wisatawan baik wisatawan lokal maupun manca Negara yang ingin menghabiskan masa liburan nya di Kepulauan Seribu.

Dari Jakarta ke Pulau Tidung

Menuju Pulau Tidung hanya bisa dicapai dengan menggunakan transportasi Laut. Sedangkan jarak tempuh dari Dermaga Muara Angke sampai dengan Dermaga Pulau Tidung kurang lebih 43,6 KM. Ada dua jenis Kapal yang bisa kita pilih di dua dermaga yang berbeda untuk pergi menuju Pulau Tidung yaitu kapal fery atau kapal Reguler yang berada di Dermaga Muara Angke, dan kapal cepat atau Speed Boat yang bisa kita tumpangi dari Dermaga Marina Ancol.

Kapal Fery, kapal kayu atau kapal tradisional dengan kapasitas 150-250 penumpang. Bertolak dari Muara Angke setiap hari pukul 07.00 - 07.30 pagi, dengan durasi perjalanan selama 2,5 - 3 jam.

Tarif Kapal Tradisional : Rp 45.000 / orang

Kapal Cepat, adalah kapal reguler (shuttle boat) yang diberangkatkan dari Dermaga Marina Ancol setiap hari pukul 8.00 pagi. Kapal yang di gunakan adalah speed boat, hanya butuh waktu 1 jam untuk dapat sampai di Pulau Tidung Kepulauan Seribu Selatan.

Tarif Kapal Predator PP : Rp 400.000 / orang
Tarif kapal Citra Jet PP : Rp 280.000 / orang

Aktivitas Wisata Bahari di Pulau Tidung

Selama berada di Pulau Tidung, anda dapat melakukan beberapa aktivitas bertema wisata pantai, wisata pulau, dan wisata bahari. Untuk tambahan informasi wisata anda di Pulau Tidung, kami sampaikan beberapa aktivitas wisata yang bisa dinikmati.

snorkeling di wisata pulau tidung
Snorkeling menjadi salah satu aktivitas wajib di Kepulauan Seribu. Setiap perairan di Kepulauan Seribu memiliki keindahan biota laut masing-masing. Pulau Tidung juga memiliki spot snorkeling yang tak kalah indah dari pulau-pulau yang ada di Kepulauan Seribu.
Spot Snorkeling di wilayah perairan Pulau Tidung Kecil adalah salah satu spot terbaik di Pulau Tidung yang wajib anda saksikan langsung keindahan nya.

berespeda santai saat wisata pulau tidung
Bersepeda Keliling Pulau, disekitar kawasan Pulau Tidung Kecil terdapat beberapa spot snorkeling dengan pemandangan underwater nya yang cukup indah dan menawan. Anda akan menyaksikan beragam terumbu karang indah yang masih hidup alami, serta di hidupi oleh beragam jenis ikan kecil warna-warni yang sudah pasti akan membuat anda betah belama-lama ber snorkeling ria.

Hanya ada tiga jenis transportasi darat yang terdapat di Pulau Tidung yaitu sepeda motor, becak motor dan sepeda. Dibanding dua jenis transport lain nya, sepeda memiliki jumlah yang jauh lebih banyak di Pulau Tidung. Selain lincah untuk dipakai memasuki jalan-jalan kecil di pulau Tidung, rasa nya sepeda cukup pas dipakai untuk explore pulau yang memiliki panjang 5 km ini. Explore pulau dengan menggunakan sepeda adalah salah satu aktivitas wisata menyenangkan yang harus di coba ketika berlibur di Pulau Tidung.

menikmati senja di wisata pulau tidung
Hunting Sunset dan Sunrise di Pulau Tidung, kita akan mendapatkan kesempatan menyaksikan sunrise dan sunset selama di Pulau Tidung. Dengan menggunakan sepeda kita akan melakukan perjalanan kurang lebih 10 menit menuju Tanjung Barat Pulau Tidung untuk menikmati keindahan warna ketika Matahari perlahan terbenam di Kepulauan Seribu.
Menikmati air kelapa muda sambil menyaksikan detik demi detik terbenamnya matahari akan menjadi pengalaman yang asik dan romantis di Saung Sunset Tanjung Barat Pulau Tidung Besar.
Lagi-lagi Jembatan Cinta menjadi lokasi terbaik menikmati indahnya panorama pagi hari. Menyaksikan munculnya matahari secara perlahan dari ujung laut, serta menikmati warna mentari pagi diiringi deburan ombak akan menjadi pagi yang tak terlupakan di Pulau Tidung Kepulauan Seribu Selatan.

terjun bebas di jembatan cinta
Terjun Bebas dari Jembatan Cinta, dipangkal jembatan cinta terdapat sebuah lengkungan tinggi yang sengaja dibikin agar kapal kecil dapat lewat dari kolong jembatan cinta. Dengan puncak ketinggian kurang lebih 8m serta kedalaman air sekitar 4 m, spot ini sering digunakan para wisatawan untuk terjun bebas dari atas jembatan.

banana boat di wisata pulau tidung
Wahana Permainan Air, masih di sekitar jembatan cinta terdapat area yang digunakan sebagai lokasi aktivitas water sport. Terdapat berbagai jenis permainan air yang dapat dilakukan di area ini. Beberapa jenis permainan water sport yang terdapat di area ini antara lain water sofa, banana boat, donuts boat, canoe, jet ski, angsa laut, dan lain-lain.

Jangan ragu mencoba aktivitas water sport selama berada di Pulau Tidung, pasti menyenangkan.

COMMENTS

open trip paket wisata pulau harapan
paket wisata pulau kelapa dan dolphin islnd
paket wisata pulau kelapa dan dolphin islnd
pesona underwater pulau-pulau di Jakarta
Nama

agenda,1,aktivitas,4,destinasi,9,explore seribu,6,fasilitas,4,festival,1,homestay,4,informasi,3,konservasi,1,penginapan,6,penginapan ujung kulon,3,penyu,1,pulau harapan,13,pulau kelapa,2,pulau pari,2,pulau pramuka,1,pulau resort,3,pulau seribu,22,pulau tidung,5,resort,2,snorkeling,1,trekking,1,ujung kulon,9,
ltr
item
Explore Pulau Seribu Jakarta: Wisata Pulau Tidung, Cinta Wisata Bahari
Wisata Pulau Tidung, Cinta Wisata Bahari
Wisata Pulau Tidung Kepulauan Seribu Selatan Jakarta, Icon Pulau Tidung yang populer adalah Jembatan Cinta
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgP_rkitmSU6YWY1C8Fs25E00u-k4qQ7eBGX-PksVYCsxodtqswXfBojWGxuB8TI41mj4B63gEKiE_jED9nmvk-itWFBePsr8wG7Sy2KUsqfsCbuEEWQl3YH8VbN3LlAoRtkpwvPWlIbiU/s720/wisata-tidung.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgP_rkitmSU6YWY1C8Fs25E00u-k4qQ7eBGX-PksVYCsxodtqswXfBojWGxuB8TI41mj4B63gEKiE_jED9nmvk-itWFBePsr8wG7Sy2KUsqfsCbuEEWQl3YH8VbN3LlAoRtkpwvPWlIbiU/s72-c/wisata-tidung.jpg
Explore Pulau Seribu Jakarta
https://www.exploreseribu.com/2016/09/wisata-pulau-tidung.html
https://www.exploreseribu.com/
https://www.exploreseribu.com/
https://www.exploreseribu.com/2016/09/wisata-pulau-tidung.html
true
3339222803412689796
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy