Ikan Paus Sperma Terdampar di Pulau Tidung Kecil

Ikan paus jenis sperma sepanjang 13 meter dengan bobot 8 ton ditemukan terdampar di perairan Kepulauan Seribu pada tahun 2012. Dan kini kerangkanya di awetkan di musium pulau Tidung Kecil untuk kepentingan wisata pendidikan

ikan paus sperma di pulau tidung kecil

Telah ditemukan seekor Ikan Paus jenis Sperma sepanjang 13 meter yang terdampar di wilayah Tanjung Pakis Karawang. Upaya masyarakat sekitar untuk mengembalikan ke laut dalam akhirnya kandas, paus sperma dengan bobot delapan ton melemah dan mati di perairan Kepulauan Seribu.

Kejadian bersejarah terdamparnya Ikan Paus Sperma di perairan Kepulauan Seribu ini terjadi pada tahun 2012 silam terjadi di sekitar Tanjung Pakis Kerawang. Kerjasama yang apik antara Team Penyelamat dan dibantu oleh masyarakat setempat untuk mengembalikan Ikan Paus ke habitat laut dalam cukup berhasil, bersama-sama menarik badan berat Ikan Paus Sperma kembali ke lautan yang lebih dalam.

Sayangnya situasi itu tidak bisa berlangsung lama, Ikan Paus dengan panjang 13 meter dan bobot 8 ton ini sudah sangat lemah saat itu, membuat nya kembali terbawa arus dan kembali tedampar di Kepulauan Seribu. Terdampar kedua kalinya ikan paus sperma ini tidak lagi mampu bertahan hidup dan akhirnya mati di Kepulauan Seribu.

Ikan Paus Sperma, Physeter macrocephalus, ordo Cetacea dan merupakan salah satu jenis paus bergigi. Ikan paus Sperma memiliki volume otak yang paling besar dari ikan paus yang ada. Nama Sperma diambil dari zat lilin berwarna putih mirip dengan sperma yang terdapat dibagian kepalanya. Terdapat tiga jenis Ikan Paus Sperma yaitu ikan Paus Sperma Physeter, ikan Paus Sperma Pygmy dan ikan Paus Sperma Cebol.
sosok ikan paus sperma di hanggar musium ikan paus pulau tidung kecil
Musium Ikan Paus,  akhirnya sosok rangka utuh ikan paus akan selamanya berada di Pulau Tidung Kecil dengan fungsi sebagai wahana pendidikan dan wisata edukasi untuk putra-putri Anda saat berwisata di Pulau Tidung

Musium Ikan Paus di Pulau Tidung Kecil

Memanfaatkan bangkai Ikan Paus yang terdampar, Dinas Perikanan Kepulauan Seribu Jakarta mempunyai rencana untuk memanfaatkan bangkai ikan paus ini untuk kepentingan penelitian dan pendidikan, dipamerkan menjadi materi edukasi bagi siswa-siswa yang ingin mengetahui sosok asli seekor ikan Paus.

Untuk melepaskan daging yang menutupi tubuhnya, team ilmuwan menggunakan cara menenggelamkan kembali bangkai ikan paus yang masih utuh agar daging terlepas dan terurai secara alamiah hingga menyisakan rangka tulang belulangnya. Namun dalam prosesnya tidak seratus persen bagian rangka masih menempel ditempatnya. Beberapa ruas tulang dan kerangka di bagian kepala paus ini juga tak lagi utuh ketika diangkat ke darat.

Di bantu oleh Mahasiswa dari Institut Pertanian Bogor (IPB) akhirnya kerangka ikan Paus berjenis Sperma ini kembali dirangkai menjadi kerangka ikan Paus yang utuh. Beberapa bagian kerangka yang hilang diganti dengan kerangka buatan dengan bentuk sesuai aslinya.


Sekilas Mengenal Kehidupan Ikan Paus

Kita semua sudah pasti mengenal Ikan Paus, adalah spesies terbesar yang mengisi kehidupan di dalam lautan. Ikan paus tergolong salah satu jenis mamalia laut, namun sering kita sebut sebagai ikan karena memiliki bentuk tubuh yang menyerupai golongan ikan.

Dibandingkan dengan beberapa jenis mamalia laut lainnya, Ikan Paus memiliki keunikan tersendiri dengan kemampuan adaptasinya menyelami kedalaman samudra, membuatnya mampu bertahan hidup dalam laut sepanjang hidupnya.

wisata pulau tidung besar dan tidung kecil
Menuju Pulau Tidung Kecil, semua jenis kendaraan bermotor dan sepeda tidak dapat melintasi Jembatan Cinta, menjelang sunset saat matahari tidak terlalu terik, jalan kaki dari Pulau Tidung Besar menuju Pulau Tidung Kecil, tempat Musium Ikan Paus berada.

Dua Jenis Ikan Paus Yang Umum Dikenal

Dari sekian banyak jenis ikan paus yang ada di dunia, dapat kelompokkan menjadi dua golongan. Pertama, Paus dengan ciri memiliki gigi (Odontoceti), dan Kedua, Paus dengan ciri tidak memiliki gigi (Mysticeti)

Paus bergigi (Odontoceti) memiliki tubuh yang lebih kecil dari paus jenis lain nya adalah paus predator yang memakan ikan, cumi-cumi, dan mamalia laut . Ikan Pesut atau Lumba-Lumba adalah salah satu jenis Paus yang memiliki gigi untuk memangsa makanan nya.

Paus tanpa gigi (Mysticeti) tubuh nya lebih besar dari Paus bergigi, untuk bertahan hidup paus ini memakan plankton, itu sebabnya struktur gigi nya seperti sikat, yang berguna sebagai perangkap plankton sebagai makanan nya.
Dari 18 Jenis ikan Paus, tidak semua jenis paus yang ada dapat dengan mudah ditemui saat ini. Polusi air laut, perburuan, ketidak mampuan beradaptasi telah membuat populasi ikan paus di dunia semakin berkurang.
  • [col]
    • Paus Bergigi (Odontoceti)

      • Killer Whale - Orcinus Orca
      • Balaenoptera Omurai
      • Sperm Whale (Paus Sperma) – Physeter macrocephalus
      • Cuvier’s Beaked Whale – Ziphius cvirostris
      • Arnoux’s Beaked Whale – Berardius arnuxii
      • Nothern Bottlenose Whale – Hyperoodon ampullatus
      • Narwhal Whale – Modonon monoceros
      • Beluga Whale – Delphinapterus leucas
    • Paus Tanpa Gigi/Baleen (Mysticeti)

      • The North Atlantic Right Whale – Eubalaena glacialis
      • Fin Whale – Balaenoptera physalus
      • Shoutern Right Whale – Eubalaena australis
      • Bowhead Whale
      • Sei Whale – Balaenoptera borealis
      • Bryde’s Whale – Balaenoptera brydei
      • Blue Whale – Balaenoptera musculus
      • Hump Back Whale – Megaptera novaeangliae
      • Gray Whale – Eschrichtius robustus
      • Minke Whale – Balaenoptera acutorostrata

Wisata Edukasi di Pulau Tidung Kecil

Pulau Tidung Kecil, adalah bagian lain dari Pulau Tidung (Tidung Besar), pulau kecil yang tidak berpenghuni. Jarak antar kedua pulau ini kurang lebih sekitar 700 (tujuh ratus) meter yang dipisahkan oleh laut dangkal di sebelah Timur Pulau Tidung Besar.

Pulau Tidung Kecil memiliki luas daratan sekitar 17 ha dikelilingi oleh pantai-pantai yang landai dengan pasir pantainya yang putih. Peruntukan Pulau Tidung Kecil bukan untuk pemukiman penduduk, dikelola secara khusus oleh Pemerintah sebagai tempat pengembangan Kawasan Agrowisata yang dikembangkan dan dikelola oleh Suku Dinas Pertanian Kelautan dan Ketahanan Pangan (Sudin KPKP) Kepulauan Seribu Selatan.
Agrowisata atau Agrotourism adalah perpaduan antara pertanian, perkebunan atau peternakan dengan kegiatan pariwisata, dimana aktivitas wisata yang dilakukan dalam Agrowisata adalah mengajak wisatawan terlibat langsung baik dalam menanam, melihat proses pengolahan, memanen, merawat, mengkonsumsi hasil perkebunan, pertanian dan peternakan langsung di lokasi Agrowisata.

COMMENTS

Nama

agenda,1,destinasi,2,fasilitas,3,festival,1,homestay,3,konservasi,1,penginapan,3,penyu,1,pulau harapan,10,pulau kelapa,2,pulau pari,1,pulau pramuka,1,pulau resort,3,pulau seribu,8,pulau tidung,4,
ltr
item
Paket Wisata Pulau Harapan: Ikan Paus Sperma Terdampar di Pulau Tidung Kecil
Ikan Paus Sperma Terdampar di Pulau Tidung Kecil
Ikan paus jenis sperma sepanjang 13 meter dengan bobot 8 ton ditemukan terdampar di perairan Kepulauan Seribu pada tahun 2012. Dan kini kerangkanya di awetkan di musium pulau Tidung Kecil untuk kepentingan wisata pendidikan
https://2.bp.blogspot.com/-MeriXBz8EWo/WIzaWpCwfxI/AAAAAAAAB-I/7Xv7U4dL594pa37Vxyycrh6GdBwribwhwCLcB/s730/ikan-paus-sperma-pulau-tidung.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-MeriXBz8EWo/WIzaWpCwfxI/AAAAAAAAB-I/7Xv7U4dL594pa37Vxyycrh6GdBwribwhwCLcB/s72-c/ikan-paus-sperma-pulau-tidung.jpg
Paket Wisata Pulau Harapan
http://www.exploreseribu.com/2017/07/ikan-paus-pulau-tidung-kecil.html
http://www.exploreseribu.com/
http://www.exploreseribu.com/
http://www.exploreseribu.com/2017/07/ikan-paus-pulau-tidung-kecil.html
true
3339222803412689796
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy