$type=slider$snippet=hide$cate=0$show=home

Wisata Pulau Harapan, Jejalah 24 Pulau di Kepulauan Seribu Utara

Wisata Bahari di Pulau Harapan Kepulauan Seribu Utara Jakarta, aktivitas yang paling populer adalah snorkeling dan hopping island

wisata pulau harapan

Pulau Harapan adalah salah satu kelurahan di kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Kabupaten Kepulauan Seribu, Jakarta, Indonesia dan secara geografis terletak pada koordinat 05º 39' 10" LS dan 106º 34' 41" BT. Dengan cakupan wilayah yang sangat luas, kelurahan Pulau Harapan memiliki 23 pulau-pulau kecil yang tersebar di bagian utara Kepulauan Seribu. Dua pulau berpenduduk dan sisanya adalah Pulau Wisata untuk umum atau private, serta Pulau Konservasi untuk perlindungan habitat satwa.

Tidak perlu harus mahal dan jauh ke luar negeri atau ke wilayah timur bagian Indonesia, jika hanya untuk mencari keindahan pesona bawah laut yang masih alami dan tidak tercemar. Hanya satu jam dari Jakarta dengan biaya yang terjangkau Anda akan mendapatkan semua yang diinginkan, di Pulau Harapan.

Berdiri di atas daratan dengan luasan kurang lebih 6.7 hektar dan berada di Kawasan Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu, dulunya dikenal dengan nama "Pulau Pelemparan", karena pada awalnya ditujukan sebagai pulau tujuan transmigrasi dan relokasi. Dengan jumlah penduduk berjumlah 2.205 jiwa, sebagaian besar adalah muslim dan pendatang dari berbagai macam suku, Bugis, Mandar dan Jawa yang datang dari pulau Kelapa dan pulau-pulau kecil lainnya.

Pulau-Pulau Kecil di Sekitar Pulau Harapan

sunset di pulau bulat - wisata pulau harapan
Pulau Bulat, menjadi salah satu bagian dari itinerary wisata Pulau Harapan yang tidak bisa terpisahkan untuk menutup hari wisata menjelang senja.

Yang menjadi bagian paling unik dan menarik dibanding destinasi lainnya seperti Pulau Tidung, Pulau Pramuka dan Pulau Pari adalah begitu banyaknya pilihan untuk berkunjung ke pulau-pulau kecil yang tersebar di sepanjang wilayahnya, bagian paling jauh adalah Pulau Sebira yang memiliki julukan sebagai Sang Pulau Penjaga bagian Utara, butuh waktu sekitar tiga jam menuju kesana.

Begitu banyaknya pilihan, tidak akan mungkin dalam sehari untuk mengunjungi semua pulau di wilayah Pulau Harapan. Yang tidak pernah terpisahkan menjadi bagian dari Itinerary Wisata Pulau, umumnya mereka akan mendarat di Pulau Perak, Pulau Gosong Perak, Pulau Kayu Angin dan Pulau Bulat. Selebihnya akan mendapat kesempatan jika anda memiliki jadwal wisata lebih dari satu malam di Pulau Harapan.

24 Pulau di Wilayah Pulau Harapan

pulau-pulau kecil di wilayah pulau harapan

[post_ads]
[next]

Wisata Menuju Pulau Harapan

Kapal Cepat atau Speed Boat, berangkat setiap pagi dari Dermaga Marina Ancol. Salah satu alternatif transportasi dari Jakarta menuju Pulau Harapan selain Kapal Ferry dari Muara Angke. Perjalanan singkat 1,5 jam dari Jakarta menuju Pulau Harapan

Satu-satunya cara menuju pulau Harapan dari Jakarta adalah menggunakan transportasi laut, dengan jarak tempuh sejauh 60 km bisa diakses dungan dua cara menggunakan jenis perahu, dermaga, fasilitas dan harga yang berbeda. Silahkan memilih dan menyesuaikan dengan budget dan waktu yang Anda miliki.

Kapal Ferry, kapal kayu atau kapal "ojeg" sebutan bagi masyarakat setempat. Setiap hari, pukul 07.30 WIB kapal ini bertolak dari Dermaga Kali Adem, Muara Angke menuju Pulau Harapan dengan waktu tempuh sekitar 3 (tiga) jam perjalanan. Tarif Kapal Kayu: Rp. 50.000,-/orang

Kapal Cepat, atau speed boat dengan kecepatan tinggi berangkat dari Marina Ancol dermaga 12 setiap hari dan berangkat mulai pukul 08.00 WIB akan menempuh waktu perjalanan kurang lebih 1,5 jam Tarif Kapal Cepat: Rp. 200.000.-/orang (weekday) dan Rp. 250.000,-/orang (weekend)
Menuju Dermaga Kaliadem Muara Angke atau Dermaga Marina Ancol, dari Jakarta Anda bisa memanfaatkan Commuter Line menuju Stasiun Kota dan sambung dengan Bajaj atau Ojeg. Membawa sendiri kendaraan pribadi yang parkir di kedua dermaga juga solusi untuk persiapan pagi lebih akurat

Aktivitas Wisata Bahari di Pulau Harapan

Jelajah Pulau, selam permukaan atau snorkeling, menikmati pesona senja dan pagi hari, berkunjung ke pusat konservasi hingga mencicipi kuliner laut adalah serangkaian aktivitas yang menjadi pilihan para wisatawan untuk berkunjung ke Pulau Harapan. Anda harus menyisihkan waktu setidaknya satu malam selama berwisata di Pulau Harapan agar bisa mencicipi semua aktivitas alam bahari yang menyenangkan.
snorkeling di pulau harapan
Snorkeling atau Selam Permukaan, aktivitas favorit dan alasan utama para wisatawan datang ke Pulau Harapan 
[next]
Snorkeling,atau Selam Permukaan adalah aktivitas paling populer dan menjadi alasan utama para wisatawan datang ke Pulau Harapan. Kurang lengkap rasanya jika wisata di pantai tapi tidak basah karena air laut, apalagi dengan suguhan pesona alami bawah laut di beberapa spot snorkeling di sekitar Pulau Harapan.

Lautnya bening dan bersih, terumbu karangnya masih aktif berkembang, bukannya coral mati atau fosil. Kelebihan lainnya yang dimiliki oleh Pulau Harapan adalah banyaknya pilihan spot untuk menikmati panorama underwater nya. Sebut saja yang umumnya dikunjungi adalah di Spot pulau Macan Gundul, Spot pulau Putri dan Spot Kayu Angin Genteng.

pulau perak di wisata pulau harapan
Pulau Perak, menjadi salah satu tujuan para wisatawan untuk kunjungan pulau kecil di Pulau Harapan. Sekedar untuk istirahat dan santai sejenak sebelum melanjutkan aktivitas bahari lainnya.
Island Hopping atau Jelajah Pulau, dengan banyaknya pilihan pulau-pulau di wilayah Pulau Harapan anda bisa memilih salah satu atau beberapa pulau sekaligus untuk dikunjungi. Jika berencana mengunjungi semua pulau hingga yang terjauh Pulau Sebira, waktu 3 (tiga) hari tidak akan cukup. Rata-rata pelancong bisa melakukan penjelajahan pulau sebanyak 4-6 pulau dalam satu kunjungan wisata berdurasi dua hari satu malam. Pulau Bulat dan Pulau Gosong untuk aktivitas berfoto dan melepaskan senja saat sore hari, Pulau Perak untuk bersantai setelah setengah hari menyelam dan Pulau Bira Besar untuk aktivitas susur pantainya.
Island Hopping, atau melompat pulau awalnya sebagai istilah yang dikenal dalam dunia militer atau perang. Sebagai salah satu strategi militer dalam penguasaan sebuah wilayah mereka melakukan serangkaian perjalanan pendek antar pulau dan sebagai metode dalam penaklukan wilayah
Sunset dan Sunrise, bagi yang hobby fotografi tidak akan pernah melewatkan waktu-waktu penting saat pagi dan senja di pantai. Spot Sunset yang sering dikunjungi adalah di pulau Bulat, sedangkan Sunrise anda tidak perlu jauh-jauh dari pulau Harapan. Berada dipinggir pantai atau dermaga adalah lokasi yang paling pas menjemput matahari pagi.

Kunjungan Konservasi, untuk melengkapi agenda wisata anda tidak ada salahnya melengkapi dan menyempurnakannya dengan edukasi tentang upaya penyelamatan satwa liar oleh Balai Konservasi Taman Laut Kepulauan Seribu. Di Taman Biota Laut Pulau Harapan anda dapat menemui penyu-penyu dewasa dan tukik yang akan dilepaskan kembali di alam. Pada bagian pulau lainnya, pulau Kotok anda juga bisa melakukan kunjungan ke pusat Konservasi Penyelamatan Elang Bondol, logo dan maskot DKI Jakarta.

banana boat di perairan pulau harapan
Banana Boat, salah satu pilihan dari wahana permainan air, melengkapi kegiatan wisata anda di Pulau Harapan
Permainan dan Wahana Air, tidak kalah serunya, salah satu sarana permainan air atau watersport, juga bisa anda coba. Banana Boat dengan 5-8 orang ditarik dengan speed boat yang berkecepatan tinggi, sungguh menantang adrenalin anda.  Umumnya akan tersedia khusus weekend atau saat pengunjung ramai di pulau Perak atau pulau-pulau lainnya.

Tarif sekali naik Banana Boat cukup murah, perorang dikenakan harga sekitar IDR 25.000,- hingga IDR 35.000,- saja dengan durasi permainan 10-15 menit.[next]

Spot Wisata Populer di Pulau Harapan

Program wisata bahari di Pulau Harapan umumnya untuk durasi wisata 2 hari 1 malam, menginap dengan fasilitas homestay di Pulau Harapan. Setelah anda sudah sepakat telah menentukan waktu dan tujuan wisata, berikut spot-spot populer yang jangan pernah anda lewatkan selama berada di Pulau Harapan.

pulau perak di wisata pulau harapan

Pulau Perak, dari pinggir pantainya anda bisa menyaksikan dasar laut dengan pasir putih dan beberapa terumbu karang yang berserak disepanjang jalur pantai, air permukaannya sangat bening dan indah. Di dekat dermaga ada warung kecil yang menyajikan makanan dan minuman ringan untuk menemani anda saat bersantai.

pulau gosong di wisata pulau harapan

Pulau Gosong, banyak juga yang menyebutnya dengan nama Pulau Gosong Perak, tidak salah juga karena lokasi pulau Gosong masih bisa terlihat jelas dari pulau Perak, dari pulau Perak, pulau Gosong nampak seperti pantulan cahaya warna putih, diantara birunya laut yang ada disekitarnya.

Meski sekedar gundukan pasir kecil bukan berarti tidak ada artinya, lebih-lebih untuk "itinerary" perjalanan wisata ke Pulau Harapan. Kepentingan utamanya adalah untuk berfoto-foto, rata-rata tidak akan lebih dari satu jam berada di pulau ini saat terik, jika dilanggar... nama anda dan nama pulau ini akan sama... gosong!

sunrise di pulau bulat wisata pulau harapan

Senja di Pulau Bulat, sesuai dengan namanya, pulau ini berbentuk bulat dan tidak terlalu luas. Hanya 1,28 ha di Kecamatan Pulau Harapan. Jangan buru-buru pulang ketika sudah menginjakkan kaki di Pulau Bulat. Sambil menunggu datangnya senja, anda bisa membunuh waktu dengan bermain pasir, dan jika masih banyak waktu juga bisa sempatkan untuk melihat langsung keindahan alam bawah lautnya yang masih terpelihara.



Spot Snorkeling Pulau Kayu Angin Genteng, meski secara umum spot snorkeling yang berada di kawasan Pulau Harapan terkenal bagus dan alami, banyak ikan-ikan kecil dan terumbu karang yang masih hidup dan indah. Umumnya para pelancong memilih spot snorkeling di Pulau Macan atau Pulau Putri, anda cukup menyingkir dari keramaian para penyelam dan berlayar agak jauh untuk menemukan spot snorkeling yang sedikit lebih tenang, di perairan Pulau Kayu Angin Genteng.[next]

Tips Penting sebelum Wisata di Pulau Harapan

Tidak ada alasan satupun untuk tidak berkunjung ke Pulau Harapan di Kepulauan Seribu Utara. Disamping jaraknya cukup dekat dengan Jakarta dan bisa ditempuh sekitar satu jam perjalanan dengan menggunakan speed boat atau kapal cepat dari dermaga Marina Ancol, juga wisata mewah dan alami dengan jangkauan harga cukup memadai untuk siapapun tanpa terkecuali. Sebelum berangkat, perlu anda perhatikan hal-hal penting sebagai berikut:

team explore pulau harapan
My Trip My Adventure. Saat Team Explore Pulau Harapan berpose bersama artis Indonesia saat pengambilan gambar di Pulau Perak - Pulau Harapan di Kepulauan Seribu Utara
  • Pilihlah Operator Wisata Pulau Harapan Yang Terpercaya, disamping lebih memudahkan semua agenda wisata anda bersama rombongan. Dengan menggunakan jasa operator wisata dapat menekan biaya dan harga lebih murah dibanding harus merinci satuan.
  • Memilih Waktu Wisata yang cukup, dengan durasi 2 hari 1 malam adalah pilihan umum para pelancong Nusantara. Satu hari penuh anda bisa memuaskan menikmati pesona wisata bahari selama di Pulau Harapan. Jika anda ingin lebih santai dan tidak terkesan buru-buru, durasi 3 hari 2 malam lebih optimal.
  • Perlengkapan Ringan untuk Wisata Pantai, sandal jepit lebih pas dari high heel, kaos oblong lebih pantas ketimbang pake batik dan ransel terasa kompak ketimbang harus nenteng koper. Jangan lupakan kaca mata hitam dan topi untuk perlindungan sekaligus gaya
  • Peralatan Mandi, menginap di Homestay atau Resort setempat masih jarang melengkapi keperluan toilet anda layaknya di hotel wisata berbintang. Anda perlu memastikan dengan menanyakan fasilitas kamar mandi seperti handuk, sabun dan shampoo, atau bawa bekal sendiri sebelum berangkat.
  • Bawa Uang Secukupnya, sediakan uang cash secukupnya untuk memenuhi semua kebutuhan anda selama wisata termasuk untuk keperluan belanja pribadi. Di Pulau Harapan belum tersedia ATM atau Minimarket untuk pengambilan uang, kartu kredit juga tidak berlaku disini.

COMMENTS

open trip paket wisata pulau harapan
paket wisata pulau kelapa dan dolphin islnd
paket wisata pulau kelapa dan dolphin islnd
pesona underwater pulau-pulau di Jakarta
Nama

agenda,1,aktivitas,4,destinasi,9,explore seribu,6,fasilitas,4,festival,1,homestay,4,informasi,3,konservasi,1,penginapan,6,penginapan ujung kulon,3,penyu,1,pulau harapan,13,pulau kelapa,2,pulau pari,2,pulau pramuka,1,pulau resort,3,pulau seribu,22,pulau tidung,5,resort,2,snorkeling,1,trekking,1,ujung kulon,9,
ltr
item
Explore Pulau Seribu Jakarta: Wisata Pulau Harapan, Jejalah 24 Pulau di Kepulauan Seribu Utara
Wisata Pulau Harapan, Jejalah 24 Pulau di Kepulauan Seribu Utara
Wisata Bahari di Pulau Harapan Kepulauan Seribu Utara Jakarta, aktivitas yang paling populer adalah snorkeling dan hopping island
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi-mDZ9jKAhaLCT74I-PQpbwEuA3RNAFtoWSRDO-weQXcj0PoXa7lPE6JSKhUWDFd3m7N2-fZDWa4PZ-QnFO6h3hJxttqn5J9gQGwwkx_uzl_CVBcyr6ABWKsSWNh7Sd6mt5iC8F3K8OKo/s720/underwater-harapan.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi-mDZ9jKAhaLCT74I-PQpbwEuA3RNAFtoWSRDO-weQXcj0PoXa7lPE6JSKhUWDFd3m7N2-fZDWa4PZ-QnFO6h3hJxttqn5J9gQGwwkx_uzl_CVBcyr6ABWKsSWNh7Sd6mt5iC8F3K8OKo/s72-c/underwater-harapan.jpg
Explore Pulau Seribu Jakarta
https://www.exploreseribu.com/2016/09/wisata-pulau-harapan.html
https://www.exploreseribu.com/
https://www.exploreseribu.com/
https://www.exploreseribu.com/2016/09/wisata-pulau-harapan.html
true
3339222803412689796
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy